Minggu, 16 Desember 2012

Efek asap merupakan pada photoshop merupakan salah satu efek gambar menarik yang bisa Anda busat dengan mudah. Efek asap ini bisa Anda buat dengan sebuah plugin photoshop, misalnya dengan Eye Candy 4.0 (plugin ini mempunyai fasilitas Smoke).

Namun, ada juga cara membuat efek asap melalui photoshop secara manual. Cara Membuat Efek Asap Pada Gambar Melalui Photoshop adalah sebagai berikut :

Langkah 1
Buat sebuah file baru (File>New). Ukuran file bisa terserah Anda. Pada contoh tutorial kali ini, dibuat sebuah file yang berukuran 200 x 300 pixel; resolusi 72 dpi.


Langkah 2
Isikanlah warna hitam pada file baru tersebut. Dengan cara Edit > Fill, kemudian pada pilihan Use pilih Black, klik OK (lihat gambar ilustrasi).


Atau dengan cukup menekan huruf "D" pada keyboard, kemudian tekan Alt + Backspace.

Langkah 3
Pilihlah "Pencil Tool" pada toolbox photoshop, kemudian pilih warna Foreground putih. (klik warna foreground, kemudian pilih warna putih). Atau cukup dengan menekan huruf "D" pada keyboard, kemudian tekan huruf "X" pada keyboard.
Catatan:
Huruf D, adalah untuk mereset warna foreground dan background.
Huruf X, untuk membalik warna warna foreground dan background.


Langkah 4
Atur ukuran pointer "pencil" tadi, sekitar 30an. Cara mengatur diameter pointer adalah dengan menekan tombol.
Setelah ukuran diameter pointer disesuaikan, buatlah sebuah garis pada file baru tadi (lihat gambar).


Langkah 5
Pilihlah Smudge tool pada toolbox Photoshop. Sapukan pada gambar untuk membuatnya nampak berlekuk-lekuk. Bentuk lekukan terserah keinginan Anda.


Langkah 6
Pilihlah menu Filter > Liquify. Liquify adalah tool yang digunakan untuk membuat sebuah gambar nampak seperti cairan (liquid), sehingga bisa dibentuk dan diperlakukan seperti benda cair. Buatlah agar gambar garis putih tadi menjadi semakin berlekuk-lekuk. Buatlah agar bentuk lekukan ini menyerupai sebuah asap.


Langkah ini, mungkin adalah bagian yang paling menentukan hasil dari bentuk asap dan memerlukan banyak pengulangan sambil berimprovisasi.

Langkah 7
Buatlah sebuah layer baru. Kemudian ulangilah langkah 2 hingga 7 untuk membuat bentuk asap yang berbeda. Pada layer baru ini, ubahlah Blending Option-nya menjadi screen, agar warna hitamnya nampak transparan dan cuma nampak warna putihnya saja. Jika perlu, Anda juga bisa mengubah ukuran layer tersebut dengan Edit > Free Transform


Ulangilah langkah pembuatan layer asap ini berulangkali hingga Anda dapati bentuk kumpulan asap yang sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah 8
Sekarang kita hilangkan tanda kunci pada layer background, dengan cara melakukan klik 2x pada nama layer background,

 kemudian klik "OK"

Langkah 9
Pada layer yang merupakan layer gabungan tadi, berilah efek kabur. Lakukan ini dengan cara memilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur.





Langkah 10
Aturlah opacity pada tiap layer untuk menyesuaikan nuansa asap yang sesuai. Kemudian pilih menu Layer > Flatten Image atau Layer > Merge Visible untuk menyatukan semua layernya.


Terakhir
Terapkan gambar asap yang sudah Anda buat tersebut pada gambar yang lain. Bukalah sebuah gambar yang akan Anda beri efek asap. Pada contoh tutorial photoshop ini, saya menggunakan sebuah gambar bumi.
Geserlah gambar asap dari file yang sebelumnya kita buat dengan Move tool ke arah file yang akan diberi efek asap.
Pada layer gambar asap, pilihlah Blending Option-nya menjadi Screen

Selamat mencoba.
Pembuatan Efek Asap dengan Photoshop

ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar: